PERANG, DIMANAPUN HANYA MENGHASILKAN KEHANCURAN. KEKALAHAN UNTUK SEMUA KEMENANGAN HANYA BUAT BISNIS SENJATA

31 Aug 2013

INDUSTRI PENERBANGAN INDONESIA



Lima faktor utama yang dipimpin menuju pembentukan IPTN adalah: Ada beberapa orang Indonesia yang telah sejak sepanjang waktu bermimpi untuk membangun pesawat dan mendirikan sebuah industri pesawat terbang di Indonesia, beberapa orang Indonesia yang memiliki penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk membangun kapal dan industri pesawat terbang , beberapa orang Indonesia yang, di samping menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi yang dibutuhkan mereka juga berdedikasi tinggi untuk memanfaatkan keahlian mereka untuk pembentukan sebuah industri pesawat terbang, beberapa orang Indonesia yang ahli dalam pemasaran dan penjualan pesawat untuk baik nasional maupun internasional, kemauan politik dari Pemerintah yang berkuasa.
Harmonisasi integrasi faktor-faktor yang disebutkan di atas telah membuat IPTN industri pesawat terbang dengan fasilitas yang memadai.
Itu semua dimulai dengan Bacharuddin Jusuf Habibie, seorang pria yang lahir di Pare-pare, Sulawesi Selatan (Sulawesi), pada tanggal 25 Juni 1936.
 Dia lulus dari Aachen Tinggi Teknik Belajar, Pesawat Departemen Konstruksi, dan kemudian bekerja di MBB (Masserschmitt Bolkow Blohm), industri pesawat terbang di Jerman sejak 1965.
Ketika ia hendak mendapatkan gelar doktornya, pada tahun 1964, ia memiliki bersedia kuat untuk kembali ke negaranya untuk berpartisipasi dalam program pembangunan Indonesia di bidang industri penerbangan. Tapi manajemen KOPELAPIP menyarankan dia untuk terus mencari lebih banyak pengalaman, sambil menunggu kemungkinan membangun industri pesawat terbang. Pada tahun 1966, ketika Adam Malik, Menteri kemudian Luar Negeri Indonesia mengunjungi Jerman, ia meminta Habibie untuk menyumbangkan pikirannya untuk realisasi Pembangunan Indonesia.
Menyadari bahwa upaya mendirikan sebuah industri pesawat terbang tidak akan mungkin dilakukan oleh dia sendiri, Habibie memutuskan untuk memulai merintis untuk mempersiapkan tenaga kerja terampil tinggi yang pada waktu yang ditentukan bisa setiap saat digunakan oleh industri pesawat terbang masa depan di Indonesia. Segera Habibie membentuk tim sukarela. Dan di awal tahun 1970 tim ini dikirim ke Jerman untuk mulai bekerja dan belajar ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang penerbangan di HFB / MBB, di mana Habibie bekerja, untuk melaksanakan perencanaan awal mereka.
Pada periode yang sama, kegiatan serupa juga dipelopori oleh Pertamina (Perusahaan Minyak Indonesia) dalam kapasitasnya sebagai agen pembangunan Indonesia. Dengan seperti Pertamina kapasitas berhasil mendirikan Industri Baja Krakatau. Ibnu Sutowo, Presiden Pertamina kemudian menyumbangkan pemikirannya bahwa proses transfer teknologi dari negara maju harus dilakukan dengan konsep yang jelas dan berorientasi nasional.
NC-212
Pada awal Desember 1973, Ibnu Sutowo bertemu dengan Habibie di Dusseldorf, Jerman, di mana ia memberikan penjelasan yang rumit untuk Habibie tentang Pembangunan Indonesia, Pertamina dengan mimpi mendirikan sebuah industri pesawat terbang di Indonesia. Hasil dari pertemuan tersebut adalah penunjukan Habibie sebagai Penasihat Presiden Pertamina, dan ia diminta untuk segera kembali ke Indonesia.
Pada awal Januari 1974, menentukan langkah menuju pembentukan industri pesawat terbang telah diambil. Realisasi pertama adalah pembentukan divisi baru yang khusus dalam teknologi canggih dan urusan teknologi penerbangan. Dua bulan setelah pertemuan Dusseldorf, pada 26 Januari 1974 Habibie dipanggil oleh Presiden Soeharto. Pada pertemuan tersebut Habibie diangkat sebagai Penasihat Presiden di bidang teknologi. Ini adalah hari pertama bagi Habibie untuk memulai misi resminya.
NBO-105
Pertemuan ini mengakibatkan lahirnya ATTP (Advanced Technology & Teknologi Penerbangan Pertamina) Divisi yang menjadi tonggak untuk pembentukan BPPT dan bagian dari IPTN.
Pada bulan September tahun 1974, ATTP menandatangani perjanjian dasar kerjasama lisensi dengan MBB, Jerman dan CASA, Spanyol untuk produksi BO-105 helikopter dan pesawat sayap tetap NC-212.


 IPTN
Ketika upaya pendirian telah menunjukkan bentuknya ada masalah yang dihadapi oleh Pertamina yang mempengaruhi keberadaan ATTP, proyek dan program yaitu industri pesawat terbang. Tapi menyadari bahwa Divisi ATTP dan proyeknya adalah kendaraan untuk mempersiapkan Indonesia untuk 'take-off' untuk Pelita VI, maka Pemerintah memutuskan untuk melanjutkan pendirian industri pesawat terbang dengan segala konsekuensinya.
Berdasarkan hal ini, dengan Peraturan Pemerintah Nomor 12, 5 April 1976, penyusunan industri pesawat terbang dibuat. Melalui peraturan ini semua aset yang tersedia, fasilitas dan potensi adalah akumulasi meliputi aset Pertamina, Divisi ATTP yang telah disiapkan untuk pendirian industri pesawat terbang dengan aset LIPNUR, Angkatan Udara Republik Indonesia, sebagai modal dasar untuk industri pesawat terbang. Ini modal dasar diharapkan dapat mendukung pertumbuhan industri pesawat terbang yang mampu menjawab semua tantangan.
NSA-330
Pada tanggal 26 April 1976, berdasarkan Akte Notaris No 15, di Jakarta, PT. Industri Pesawat Terbang Nurtanio resmi didirikan dengan Dr BJ. Habibie sebagai Presiden Direktur. Ketika fasilitas fisik industri ini selesai, pada Agustus 1976 Presiden Soeharto meresmikan industri pesawat terbang ini.
Pada tanggal 11 Oktober 1985, PT. Industri Pesawat Terbang Nurtanio telah dipindahkan ke PT. Industri Pesawat Terbang Nusantara atau IPTN.
Itu dari titik ini bahwa cakrawala baru tumbuhnya industri pesawat terbang modern dan lengkap di Indonesia baru saja dimulai. Dan dalam periode ini bahwa semua aspek prasarana, sarana, SDM, hukum dan peraturan, dan yang berkaitan dan mendukung keberadaan industri pesawat terbang integrately terorganisir. Sebelumnya, Pada 1960-an dan 1970-an ini tidak pernah serius memikirkan. Selain itu, industri mengembangkan teknologi progresif dan konsep transformasi industri yang ternyata memberikan hasil optimal dalam upaya menguasai teknologi penerbangan dalam waktu yang relatif singkat, 20 tahun.
IPTN memiliki pandangan bahwa transfer teknologi harus dilaksanakan secara terpadu dan lengkap dan meliputi hardware, software dan brainware yang manusia adalah inti. Itu adalah manusia yang memiliki kemauan keras, kemampuan dan sudut pandang ilmu pengetahuan, teori dan keahlian untuk menerapkannya dalam pekerjaan beton. Berdasarkan IPTN ini telah menerapkan filosofi transfer teknologi yang disebut "Mulailah di Akhir dan Akhir di Awal". Ini adalah filosofi untuk menyerap teknologi maju secara progresif dan bertahap dalam suatu proses yang integral dan didasarkan pada kebutuhan obyektif Indonesia. Melalui filosofi ini kemudian benar-benar menguasai, tidak hanya secara material, tetapi juga kemampuan dan keahlian. Filosofi ini juga mudah beradaptasi dengan setiap perkembangan dan kemajuan yang dicapai oleh negara-negara lain.
N-250
Filosofi ini mengajarkan bahwa dalam pesawat terbang tidak selalu mulai dari komponen, tetapi langsung mempelajari akhir dari proses (pesawat yang sudah dibangun), kemudian membalikkan melalui tahapan manufaktur komponen. Tahapan transfer teknologi dibagi menjadi:
Tahap pemanfaatan teknologi / Lisensi Program yang ada
Tahap Integrasi Teknologi
Tahap Pengembangan Teknologi, dan
Tahap Penelitian Dasar
Sasaran tahap pertama adalah penguasaan kemampuan manufaktur, dan pada saat yang sama memilah dan menentukan jenis pesawat yang memenuhi kebutuhan dalam negeri, hasil dari penjualan digunakan untuk mendukung kemampuan bisnis perusahaan. Hal ini dikenal sebagai metode produksi yang progresif. Tahap kedua ditujukan untuk menguasai desain serta kemampuan manufaktur. Tahap ketiga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan diri desain. Dan tahap keempat bertujuan untuk menguasai ilmu-ilmu dasar dalam rangka mendukung pengembangan produk baru yang sangat baik.
NAMA BARU, PARADIGMA BARU
Selama 24 tahun terakhir berdirinya, IPTN telah berhasil mampu mentransfer canggih dan teknologi penerbangan terbaru, sebagian besar dari belahan bumi Barat, untuk Indonesia. IPTN telah, khususnya, menguasai dalam desain pesawat, pengembangan, dan manufaktur kecil untuk komuter daerah menengah.
NBell 412
Dalam menghadapi sistem pasar global yang baru, IPTN merumuskan kembali dirinya untuk'' IPTN 2000'' yang menekankan pada penerapan baru, berorientasi bisnis, strategi untuk memenuhi situasi saat ini dengan struktur baru.
Program restrukturisasi meliputi reorientasi bisnis, rightsizing dan menyusun sumber daya manusia dengan beban kerja yang tersedia, dan kapitalisasi suara berdasarkan pasar yang lebih fokus dan misi bisnis terkonsentrasi.
PT. IPTN kini menjual kemampuan berlebihan di bidang engineering - dengan menawarkan desain untuk menguji layanan kegiatan -, manufaktur - pesawat terbang dan non-pesawat komponen -, dan layanan purna jual.
Dalam hubungan ini bahwa nama IPTN telah berubah menjadi PT. DIRGANTARA INDONESIA atau Dirgantara Indonesiadisingkat IAE yang resmi innaugurated oleh Presiden Republik Indonesia, KH. Abdurrahman Wahid, di Bandung pada 24 Agustus 2000.

PT Dirgantara Indonesia meliputi area seluas 86,98 hektar bangunan. Kegiatan produksi perusahaan yang ditopang oleh 232 unit berbagai mesin dan peralatan. Selain itu, ada beberapa peralatan lainnya tersebar di berbagai lini perakitan, laboratorium, dan layanan & pemeliharaan unit.
PT Dirgantara Indonesia / Indonesian Aerospace (IAE) adalah salah satu perusahaan kedirgantaraan pribumi di Asia dengan kompetensi inti dalam desain, pengembangan pesawat dan pembuatan pesawat komuter daerah sipil dan militer.
Desain N -2130
Sejak didirikan pada tahun 1976, perusahaan telah berhasil dieksploitasi kemampuannya sebagai industri manufaktur dan memiliki diversifikasi produknya tidak hanya di bidang pesawat tetapi juga daerah lain seperti Teknologi Informasi, Otomotif, Maritim, Simulasi Teknologi, Turbin Industri, dan Teknik Layanan.
Di lini produksi, Dirgantara Indonesia telah memberikan lebih dari 300 unit pesawat dan helikopter, sistem pertahanan, komponen pesawat dan layanan lainnya. Melalui pelaksanaan program restrukturisasi di awal tahun 2004, PT Dirgantara Indonesia saat ini didukung oleh 3.720 karyawan sebelumnya 9,670, sedangkan 18 unit usaha, menjadi:

INTEGRASI PESAWAT  
integrasi dari: 
- CN235-220 (Disampaikan Diproduksi & 57 unit, 5 unit pesanan baru) 
- NC-212-200 (Disampaikan Diproduksi & 102 unit) 
- Helikopter NBO-105 (Diproduksi & Disampaikan 122units, menghentikan produksi  2008) 
- Helikopter BELL-412 (Diproduksi & Disampaikan 33units) 
- Helikopter NAS-332C1 (Diproduksi & Terkirim 20 unit) 
- ILS & Customer-Mendukung 
STRUKTUR PESAWAT
 Menghasilkan Tooling dan badan pesawat Komponen: - Airbus A380/A320/A321/A340/A350 - Boeing B-747/B-777/B-787 - Eurocopter MK-2 (EC225/EC725) - Airbus Military CN235/C295/C212-400 
Menyediakan Pemeliharaan, Perbaikan, Overhaul dan Perubahan: - PTDI Produk: CN235 , NC-212-100/200, NBell-412, NBO-105, NSA-330 dan NAS-332 - Produk Non PTDI: B737-200/300/400/500, Cesna172, Enstrom 480B, BK-117 dan Bell- 212 Spares Dukungan Umum Aviation Business 
Teknologi dan Pengembangan - PT Dirgantara Indonesia sebagai salah satu direktorat di bawah PT Dirgantara Indonesia memiliki kemampuan dan pengalaman di bidang Rekayasa Desain dan Pengembangan Produk, Simulasi Teknologi, Integrasi Sistem dan Pemeliharaan Pertahanan dan Keamanan Sistem , Teknologi Informasi dan juga pelatihan dan fasilitas laboratorium.







No comments: