Boeing 747-8 adalah pesawat komersial berbadan lebar yang sedang dikembangkan oleh Boeing Commercial Airplanes.
Secara resmi Boeing mengumumkan proyek ini pada tahun 2005, evolusi 747-8 adalah varian terbaru dari Boeing 747, dengan memperpanjang badan pesawat, merancang ulang sayap dan peningkatan efisiensi bahan bakar.pesawat ini juga mampu terbang dengan kecepatan 0,85 mach(917 km/h) dan merupakan pesawat subsonik tercepat didunia.
Secara resmi Boeing mengumumkan proyek ini pada tahun 2005, evolusi 747-8 adalah varian terbaru dari Boeing 747, dengan memperpanjang badan pesawat, merancang ulang sayap dan peningkatan efisiensi bahan bakar.pesawat ini juga mampu terbang dengan kecepatan 0,85 mach(917 km/h) dan merupakan pesawat subsonik tercepat didunia.
Latar
Airbus A380 memecahkan rekor Boeing 747-400 sebagai pesawat terbesar di dunia.boeing berencana membuat boeing 747-advanced.tetapi tender itu gagal.pada akhirnya boeing membuat boeing 747-8.CEO boeing mengumumkan pada 25 january 2005.pada tahun 2009,boeing memulai pembuatan pesawat boeing 747-8 ini dengan versi barang.pada tanggal 2 february 2010,boeing 747-8 ini keluar dari tempat perakitan dari di washington.
Boeing 747-8 freighter
Boeing 747-8 F milik Cargolux |
Boeing 747-8 Intercontinental
B747-8_Lufthansa |
interior Boeing 747-8 |
Air China mengatakan akan menggunakan pesawat untuk meningkatkan layanan internasional. Gauntlet tanah pengujian 8i-, yang tes sistem dengan mensimulasikan kondisi penerbangan, berlangsung pada tanggal 12 dan 13, 2011. penerbangan pertama 747-8i yang dilakukan pada tanggal 20 Maret 2011 dari Paine Field di Everett, Washington. kedua 747-8i terbang pertama bulan berikutnya dengan warna Lufthansa.
Mesin
Mesin General Electric NeXt generation 2b 67 atau GE NX 2B 76 adalah mesin yang dikembangkan oleh General Electric Aviaton.mesin ini mempunyai tingkat kebisingan nya paling rendah,efisiensi bahan bakar, dan emisi yang dihasilkan juga rendah.mesin ini di modivikasi dengan menggunakan Chevron(bentuk pisau gergaji)di belakang mesin.
Pemesanan
Daftar Pemesanan pesawat Boeing 747-8
| ||||||
Nama maskapai
|
EIS (Masuk Layanan)
|
747-8I
|
747-8F
|
pengiriman
|
total
|
keterangan
|
2011
|
0
|
10
|
5
|
10
|
pengguna pertama boeing 747-8F
| |
2011
|
0
|
8
|
2
|
8
|
pengguna pertama boeing 747-8F
| |
2011
|
4
|
0
|
1
|
4
|
VIP order
| |
2012
|
0
|
12
|
1
|
12
|
dikirim ke British airways world cargo
| |
2012
|
0
|
15
|
0
|
15
| ||
2012
|
0
|
10
|
5
|
10
| ||
2011
|
20
|
0
|
1
|
20
|
Pengguna pertama boeing 747-8 Intercontinental
| |
2011
|
5
|
5
|
1
|
10
| ||
2013
|
0
|
2
|
0
|
2
| ||
2014
|
0
|
5
|
1
|
5
| ||
2013
|
2
|
0
|
0
|
2
| ||
2014
|
5
|
0
|
0
|
5
|
versi kargo 747-8 telah dipesan dari berbagai maskapai penerbangan kargo, saat pesawat memiliki manfaat yang serupa bagian pelatihan dan dapat dipertukarkan dengan Boeing 747-400 F. Selain itu, 747 memiliki sejarah panjang sebagai pesawat kargo yang sukses, dan walaupun umurnya masih populer di kalangan operator, karena memiliki kapasitas kargo yang lebih besar, dan rentang yang lebih panjang daripada pesawat angkut lainnya. Dibandingkan dengan versi kargo, penumpang versi 747-8 tidak dilihat sebagai banyak keberhasilan, dengan jauh lebih sedikit pesanan. Airlines termasuk Emirates dan British Airways dianggap telah memesan 747-8 Intercontinental tetapi memilih untuk membeli Airbus A380. Di samping itu, ada pesanan 7 VIP untuk 747-8I oleh berbagai pelanggan . Boeing Chairman dan CEO Jim McNerney diakui dalam panggilan konferensi untuk Boeing investor pada 23 April 2008 yang ia ingin melihat lebih banyak pesanan untuk versi penumpang 747-8.
Teknis
Dimensi
|
Boeing 747-8 F (versi barang)
|
B747-8 Intercontinental (versi penumpang)
|
Panjang
|
76,25 m
|
76,25 m
|
Lebar (dari ujung sayap kiri ke ujung sayap kanan)
|
68,5 m
|
68,45 m
|
Tinggi
|
19,35 m
|
19,35 m
|
Ketinggian maksimal
|
14.000 kaki(13.000 m)
|
14.000 Kaki(13.000 m)
|
Berat bersih
|
£ 421.200 (191.100 kg)
|
£ 472.900 (214.500 kg)
|
Berat maksimum untuk terbang
|
£ 757.000 (343.000 kg)
|
£ 682.000 (309.000 kg)
|
Kecepatan maksimum
|
Mach 0,845 (564 mph, 490 kn, 908 km / h)
|
Mach 0,855 (570 mph, 495 kn, 917 km / h)
|
Jarak maksimum
|
4.475 nm (8.288 km)
|
8.000 nm (15.000 km)
|
Kapasitas kargo
|
158,6 CBM (4 palet + 14 LD1s)
| |
Contoh mesin
| ||
Krew Kokpit
|
2
|
2
|
Boeing 747-8
| |
Tipe
| |
Produsen
| |
No comments:
Post a Comment