PERANG, DIMANAPUN HANYA MENGHASILKAN KEHANCURAN. KEKALAHAN UNTUK SEMUA KEMENANGAN HANYA BUAT BISNIS SENJATA

31 Jan 2018

Metode Pembelajaran Menulis dengan Teknik Berantai





Kita tentu masih ingat saat sekolah di SD sampai SMA, bila guru Bahasa sering memberikan tugas menulis atau mengarang kegiatan waktu libur panjang. Tulisan tentang pengalaman atau aktivitas selama masa liburan acapkali tak bergeser temanya dari waktu ke waktu. Topik yang paling sering ditulis siswa antara lain : Liburan ke desa, Berkunjung ke rumah kakek, berwisata ke pantai, mengunjungi kebun binatang dan semacam itu. 
Tujuan dari tugas menulis semacam ini adalah untuk mempertajam imajinasi siswa berdasarkan pengalaman.

Untuk memperluas cakrawala wawasan siswa guru seharusnya mempunyai metode lain untuk merangsang kreatifitas menulis para muridnya. Salah satu yang bisa dilakukan adalah mencoba teknik menulis berantai yang saya ciptakan. Teknik ini sudah saya praktekan di tingkat SMP dan SMA. Hasilnya semangat dan kreatifitas menulis para siswa meningkat signifikan.
Selain tujuan menstimulus kegiatan belajar bahasa khususnya membuat tulisan, kegiatan ini juga mendidik siswa agar dapat bekerjasama dan bergotong –royong.

Tahapan kegiatan belajar dan mengajar teknik menulis secara berantai ini adalah sebagai:

Tahap persiapan



Guru menawarkan pilihan topik, tema atau judul tulisan. Berilah mereka topik yang menarik perhatian dan populer agar minat belajar siswa tinggi.
Kelas dibagi dalam kelompok berdasarkan  jajaran bangku duduk siswa.

Tahap utama



Guru memberikan “umpan” satu kalimat. Siswa harus melanjutkan dengan menulis kalimat baru yang berkesinambungan. Tiap siswa wajib menulis satu kalimat yang berhubungan dengan tulisan yang dibuat temannya sesuai topic. Lakukan proses ini sampai seluruh siswa mendapatkan jatah giliran.

Tahap Akhir


Guru melaksanakan pembahasan dan evaluasi terhadap hasil kerja para siswa. Berikan pula apresiasi kepada siswa yang paling bagus membuat kalimat, dan kelompok berdasar jajaran bangku. Sebagai tugas akhir siswa diberikan PR menyelesaikan dan menyempurnakan seluruh tulisan yang telah dibuat bersama.

Selamat mencoba ya sahabat guru, semoga ada manfaatnya.


No comments: